Profil Yayasan Pendidikan Cendana Riau

Yayasan Pendidikan Cendana Riau (YPCR) sebagai salah satu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan dan berkomitmen untuk mencetak generasi yang unggul terus berinovasi dalam menghadapi tantangan zaman.

Cikal Bakal Yayasan Pendidikan Cendana Rumbai diawali  dengan didirikan sekolah Rakyat Caltex (SRC) pada tahun 1957 yang diprakarsai oleh pegawai PT CPI Rumbai dengan maksud untuk membantu pendidikan bagi anak-anak pegawai PT CPI berkewarganegaraan Indonesia. Lokasi SRC adalah gedung Rumbai Plasa sekarang yang terletak di komplek Enau ( KM 3 ) dengan kepala sekalah Bpk K.C Laibahas. Pada masa itu sekolah rakyat Caltex langsung dikelolah oleh PT CPI  yang notabene semua guru berstatus pegawai PT Caltex Pasific Indonesia. Untuk kelanjutan pendidikan anak tamatan SRC, dengan di prakarsai oleh Bpk H. Burhanuddin St. Batuah maka didirikan Yayasan Pendidikan Anak Pegawai Caltex ( YPAPC ) dan beliau sendiri sebagai katua YPAPC, pada waktu itu didirikan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) dengan nama SMP Sri Indrapura di man guru-gurunya para guru SRC.

Pada tahun 1963 didirikan lah SMA Pendidikan Anak Pegawai Caltex ( SMA PAPC ) sebagai kelanjutan dari pendidikan SMP Sri Indrapura dimana pada waktu itu SMP Sri Indrapura dan SMA PAPC menempati gedung SRC dengan pembagian waktu belajar SRC masuk pagi sedengkan SMP Indrapura dan SMAPAPC masuk sore. Perkembangan murid makin meningkat dan pada tahun 1972 dibangunlah 6 rungan belajar untuk SMP dan SMP yang berlokasi di komplek Enau, sekarang yang menjadi cikal bakal komplek SD Cendana Rumbai sekarang ini. Seiring dengan perkembangan yang dialami maka organisasi YPAPC pada tahun 1979 berubah nama menjadi Persatuan Orang Tua Murid Caltex ( YPPOMC ) dan pada waktu itu guru-guru yang berstatus pegawai CPI ditarik ke perusahaan PT CPI dan diganti oleh guru-guru dari berbagai daerah.

Pada tahun 1975 YPPOMC kembali berganti nama menjadi Persatuan Orang Tua Murid Cendana yang lebih dikenal dengan nama Yayasan Pendidikan Cendana. Sekolah Cendana dari waktu ke waktu semakin meningkat, TK dan SLB bergabung dengan Yayasan Pendidikan Cendana. dan pada tahun 1980 didirikan TK Cendana Minas dan SMA Cendana Duri, pada tahun 1981 didirikan lagi SD Cendana Minas, pada tahun 1984 didirikan SMP Cendana Minas dan SMP Cendana Duri, dan SD Cendana Duri pada tahun 1987, sehingga total sekolah pada tahun 1987 sebanyak 14 unit sekolah yang tersebar di 4 distrik yaitu Rumbai, Minas, Duri dan Dumai.

Tahun 2014 namanya berubah menjadi Yayasan Pendidikan Cendana Riau sesuai dengan akte notaris terbaru.

Ayooo bergabung bersama kami

http://ypc.or.id/index.php?r=site/Halaman&menu=0&id_menu=90

 

 

 

Tidak Dikategorikan

Tinggalkan komentar